ENGINE PROPER // Konstruksi Piston,Ring Piston Dan Piston Pin

Piston pada engine merupakan bagian komponen dikendaraan yang sangat penting fungsinya.Part ini bergerak naik turun dan menahan panas dan tekanan kompresi juga hasil pembakaran engine.Maka untuk itu dibuat sedemikian rupa agar engine tidak mengalami keausan yang begitu cepat.

Piston terdiri dari piston head atau bagian atas dari piston yang berhubungan langsung dengan pembakaran diruang bakar.Celah untuk compresion ring grove ada dua buah yaitu untuk ring piston pertama dan kedua.Oil ring grove merupakan celah untuk ring ketiga pada celah oli.Piston pin hole merupakan tempat untuk piston pin sebagai penghubung ke conecting rod.Piston pin bos merupakan tempat atau rumah dari pin hole.Piston skirt merupakan bagian dari piston yang berhubungan langsung dan bergesekan dengan dinding cylinder.


Beberapa piston memiliki plat baja penopang yang ditanamkan dalam piston boss untuk meminimalkan ekspansi panas.Piston ini terbuat dari campuran aluminium agar pemuaian panas dapat berjalan dengan baik.Autothermic piston terdapat strut steel yang mempunyai koefisien muai yang berbeda dicetak dalampiston boss.Piston hampir berbentuk lingkaran saat engine panas karena sesungguhnya bentuk piston adalah oval,karena panas dan memuai maka piston berbentuk hampir bulat.

Piston pin harus ditekan perlahan kedalam lubang pin dengan tangan,apabila piston pin sulit dimasukan atau terlalu longgar dalam lubangnya maka sebaiknya lakukan penggantian.Untuk piston dan piston pin diganti satu set.Untuk kendaraan diesel piston pin dapat bergerak bebas dan sebaliknya untuk gasoline engine piston pin menjadi satu kesatuan dengan conectingrod.Sehingga untuk pelepasan dan pemasangan perlu dilakukan pres hidrolik.

Piston ring pertama dan kedua berfungsi untuk menahan kebocoran kompresi,mengikis kelebihan oli mesin,dan juga sebagai perambatan panas dari piston kedinding cylinder.Periksa ring piston dari keausan dan periksa side clearance apabila melebihi limit ganti ring piston keduanya.Ukur ring piston dengan grove piston dan ukur end gap dengan thicknes gauge dalam cylinder yang keausanya kecil.

Pada piston terdapat yang namanya piston pin offset,artinya dari fungsi ini adalah mengurangi terjadinya benturan piston pada dinding cylinder.Jika tidak dibuat demikian maka kendaraan akan terdengar ketukan antara dinding cylinder dan pistonnya.Hal ini terjadi karena ada tekanan diatas piston akibat dorongan hasil pembakaran.

Related Post