Jenis-Jenis Ruang Bakar Pada Kendaraan Diesel Engine,Pre Combustion Chamber Type



Untuk kendaraan diesel dengan tipe ruang bakar Pre Combustion Chamber memiliki beberapa kelemahan.Diantaranya adalah konfigurasi ruang bakar yang sangat rumit sehingga sudah jarang digunakan untuk kendaraan pada saat ini.Karena rumit maka membutuhkan biaya yang besar dalam memproduksinya.

Rasio ruang bakar terhadap luas dan volume sangat besar sehingga panas yang ditimbulkan akan cepat hilang.Karena diesel sendiri memerlukan panas agar kendaraan dapat distart dan hidup lebih cepat.Karena panas yang hilang cukup tinggi maka rasio tekanan kompresi tercapai 16-20.

Untuk tekanan injeksi tipe ruang bakar seperti ini menggunakan tekanan 90-120 kg/cm2 dan merupakan tekanan kompresi yang rendah.Untuk penginjeksian bahan bakar tidak tergantung dari tipe nozlle atau injector akan tetapi tergantung dari combustion camber.

Injector menggunakan tipe pintle atau throtle type.Karena tekanan injeksi rendah maka tekanan didalam ruang bakar hasil pembakaran juga akan berpengaruh yaitu tercapai sekitar 50-60kg/cm2.Untuk diesel knocking akan berpengaruh menjadi hampir tidak ada hasilnya adalah suara mesin lebih halus.

Type dari ruang bakar ini dengan beberapa kekurangan dari tekanan injeksi nozle dan tekanan pembakaran.Akan tetapi kelebihan dari ruang bakar pre combustion chamber adalah kondisi gas buang hasil pembakaran sangat baik dibandingkan dengan tipe ruang bakar yang lain.

Related Post