Pada kendaraan yang menggunakan type ruang bakar ini adalah kendaraan kecil seperti contohnya pada mitsubishi adalah L300.Swirl chamber merupakan ruang bakar yang ada didalam cylinder head,berbeda dengan type yang lainnya yaitu ruang bakar ada diatas piston.
Konfigurasi bentuk ruang bakar tidak begitu rumit sehingga panas yang hilang juga tidak begitu banyak.Rasio kompresit type ruang bakar ini termasuk tinggi yaitu 15-17.Karena type ini menggunakan busi pemanas atau glow plug untuk memudahkan start saat awal.Jika glow plug mengalami kerusakan maka saat starter awal akan sangat sulit.
Tekanan injeksi dari injector atau nozzle termasuk kategori tinggi untuk mengabutkan bahan bakar sehingga engine mudah untuk start yaitu sekitar 100-140kg/cm2.Nozzle yang digunakan adalah type pintle atau throtle type.Untuk tekanan pembakaran 55-65 kg/cm2 sehingga akan mengasilkan diesel knocking yang cukup tinggi.
Karena pembakaran tergantung dari panas dari ruang bakar maka gas buang yang dihasilkan sangat buruk sehingga akan menambah pencemaran udara.Berbeda jika temperatur ruang bakar sudah panas maka pembakaran akan sempurna dan hasil gas buang juga akan baik.
Masing-masing type mempunyai keuntungan dan kelebihan tersendiri sehingga setiap kendaraan jika dipasangkan type yang tidak sesuai akan mempengaruhi performance dari engine.
Perbandingan Jenis-Jenis Ruang Bakar Pada Engine Diesel // Swirl Chamber Type
Sunday, November 4, 2018
comment 0 comments
more_vert