Jenis-Jenis Ruang Bakar Pada Diesel Engine
Sunday, October 21, 2018
Pada ruang bakar atau combution chamber,bahan bakar disuntikan dari injection nozzle dinyalakan dan dibakar oleh udara bersuhu tinggi hasil kompresi.Combution chamber dari jenis berikut digunakan untuk membakar bahan bakar sepenuhnya.
Combution chamber dibagi menjadi dua bagian yaitu jenis single chamber dan jenis sub chamber.Jenis single chamber merupakan penginjeksian secara langsung ke dalam ruang bakar,sedangkan untuk sub chamber ada dua jenis yaitu swirl chamber dan pre combution chamber.
Dari ruang pembakaran tersebut,jenis injeksi langsung umumnya digunakan untuk mesin besar dan menengah.Sedangkan untuk jenis tipe swirl chamber sering digunakan untuk mesin kecil dikarenakan karakteristik masing-masing combution chamber.
Jenis injeksi langsung menggunakan injektor yang langsung di injeksikan kedalam ruang bakar.Ruang bakar terdapat pada piston,sehingga piston bagian atas tidak rata.Karena juga sebagai ruang bakar maka bagian atas piston dibuat cekung.Cekung ini bisa berbentuk seperti sebuah gambar setengah hati,setengah bola dan berbentuk bola.Perbedaan ini sesuai dengan konstruksi dari piston itu sendiri.
Tipe indirect injection masih menggunakan sebuah busi pemanas atau sebuah glow plug.Sehingga pada cylinder head ada sebuah ruang bakar tersendiri.Untuk piston bagian atas tidak ada ruang bakar sehingga permukaannya rata.Kontruksi tipe ini lebih rumit karena ada tambahan glow plug dan juga ruang bakar yang terpisah.
Terakhir adalah jenis pre combution chamber ini juga masih menggunakan sebuah glow plug.Karena sangat tipe ini sangat tidak efisien maka digunakan untuk kendaraan pada zaman terdahulu.Dan untuk sekarang ini jenis ini sudah tidak digunakan kembali pada kendaraan.
Yang sering dipakai pada kendaraan saat ini adalah tipe injeksi langsung dan tipe indirect injekstion dengan tipe pembakaran swirl.
comment 0 comments
more_vert