Perbandingan Jenis-Jenis Ruang Bakar Pada Diesel Engine,Direct Injection Type


Ruang bakar mempunyai beberapa perbandingan antara satu tipe dengan tipe yang lainnya.Masing-masing mempunyai kelebihan dan kelemahan.Adapun untuk perbandingannya sebagai berikut.

Direct injection diesel mempunyai konfigurasi ruang bakar yang mudah dengan rasio ruang bakar kecil.Dengan ruang bakar seperti itu panas yang hilang sangat kecil namun untuk rasio kompresi sangat rendah yaitu 13-16 dibandingkan tipe yang lainnya.

Untuk waktu start terutama saat dingin akan sulit untuk dihidupkan,dengan tekanan injeksi tertinggi yaitu 180-400 kg/cm2.Tipe nozzle menggunakan tipe hole atau multi yoke type.Tekanan pembakaran untuk tipe direct combution camber sangat tinggi yaitu 80 km/cm2 sehingga memungkinkan terjadinya diesel knocking sangat tinggi.

Untuk konsumsi bahan bakar termasuk tipe yang terendah yaitu 170-200 g/psh.Untuk gas buang termasuk dalam kadar gas buang yang baik.Tipe direct injection digunakan untuk kendaraan besar meskipun tanpa menggunakan glow plug sebagai pemanas ruang bakar akan tetapi kendaraan tetap mudah start.

Sangat cocok digunakan pada daerah beriklim tropis karena akan memudahkan untuk waktu start.Berbeda jika kendaraan ini digunakan pada daerah dingin yang suhu udara sampai minus derajat maka dipastikan engine akan sulit start.

Related Post