Konstruksi Dan Fungsi Valve Mekanism I ENGINE PROPER


Mekanisme valve ada dua buah yang sering digunakan untuk beberapa type kendaraan.Yaitu OHV dan OHC.Dimana type ini beda komponen dan juga mekanismenya untuk bekerja.Untuk OHV adalah over head valve dimana untuk camshaft berada di bawah dan hanya mekanisme katup atau valve yang ada di cylinder head.

Untuk OHC yaitu over head camshaft yang dimana valve dan camshaftnya ada di atas cylinder head menjadi satu mekanisme.Untuk type OHV masih membutuhkan beberapa komponen pendukung seperti tappet dan push rod.Namun untuk type OHC tidak memerlukanya.

Fungsi valve sendiri adalah untuk membuka dan menutup combution chamber secara langsung.Valve ini terdiri dari valve head,valve face,valve stem dan valve stem end.Valve head adalah bagian ujung depan yang berfungsi untuk menutup saluran intake dan exhaust manifold di ruang bakar.valve face yang berhubungan dengan bibir valve menutup rapat ke cylinder headnya.Untuk valve stem merupakan batang dari valve.Dan valve stem end merupakan tempat mengunci valve spring saat dipasang di cylinder head.

Yang berhubungan lansung dengan cylinder head untuk menutup rapat kompresi adalah valve seat atau valve face tadi.Dusut permukaan kontak antara permukaan valve dan valve seat ring umumnya dalah 45 derajat.Jika melebihi itu maka keausan terjadi di valve seat atau valve face tersebut.Apabila terjadi seperti itu maka kompresi bisa bocor dan harus ganti valve dengan yang baru.

Info teknik jenis ruang bakar pada kendaraan diesel

Valve dikendaraan ada yang digerakan dengan mekanisme timing gear atau menggunakan timing belt,berbeda-beda untuk setiap type dikendaraan.Hal ini digunakan untuk mengontrol waktu membuka dan menutupnya valve waktu injeksi bahan bakarnya.

cam shaft berbentuk oval untuk cam lopnya yang berfungsi untuk membuka dan menutup valve sesuai dengan sudut rotasi crankshaft.yang sering terjadi jika pelumasan tidak berjalan dengan baik maka cam loop akan aus dan bagian tengahnya akan aus lebih banyak.Karena yang langsung berhubungan dengan rocker arm bearing.

Keovalan cam shaft yang lebih menonjol tersebut dinamakan cam lift.karena tingi tersebut yang membuat valve akan terbuka.Cam lift merupakan sudut pembukaan valve.Semakin cam liftnya rendah karena cam loop aus maka pembukaan valve akan menjadi lebih pendek atau lebih cepat.

Untuk rocker arm berfungsi untuk mentransfer gerakan cam untuk membuka dan menutup valceDan rocker arm dipasang di rocker shaft di valve mekanismenya.Untuk tappet pada kendaraan OHV adalah untuk mengkonversi gerakan rotasi cam menjadi gerakan reciprocating.Push rod adalah untuk mentransfer gerakan reprocating dari tappet ke rocker arm.Komponen ini menjadi satu kesatuan untuk menggerakan valve agar terjadi pembukaan valve sesuai dengan firng order dikendaraan dan engine bisa dinyalakan.

Baca juga Perbandingan jenis ruang bakar pada kendaraan

Related Post