ENGINE PROPER Konstruksi Dan Fungsi Komponen Engine I CRANKSHAFT _ FLY WHEEL


Pada atikel ini saya akan memberikan informasi tentang crank shaft atau krek as yang sering disebut oleh bengkel pad umumnya.Crankshaft menopang dan sebagai dudukan conecting rod yang dihubungkan dengan piston.Fungsi dari crankshfat ini sendiri adalah mengubah energi yang dihasilkan piston menjadi gaya rotasi.

Di crankshaft itu ada sebuah lubang yang berfungsi untuk jalur pelumasan di crank journal atau di crank pinya.Untuk crank journal berhubungan dengan cylinder block sebagai dudukanya.Berbeda untuk crank pin sebagai dudukan conecting rod terhadap pistonnya.

Lubang ini harus berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan kotoran apapun.karena sebagai aliran jalan atau pelumasan oleh oli mesin ke main bearing dan conecting rod bearing.selain ada main bearing dan conceting rod bearing ternyata ada juga istilahnya adalah journal beraing untuk bahasa tekniknya.Atau sering disebt dengan metal jalan upper dan lower.Ini letaknya di tengah crank shaft yang berhubungan dengan block cylinder.

Trust plate bearing atau metal bulan sabit ini berfungsi untuk menerima gaya rotational yang dihasilkan oleh crank shaft.Berbentuk seperti bulan sabit dan hampir sama seperti bearing upper dan lower namun letaknya disamping dan lebih tipis.Ini jika sudah aus maka play atau gerak bebas dari crank shaft akan semakin besar dan dapat menyebabkan engine bunyi kasar.

Untuk fly wheel atau roda gila terdapat sebuah ring gear yang berfungsi untuk menggerakan engine oleh putaran  motor starter.Fungsi fly wheel adalah bersama motor starter memutarkan cranksahft untuk proses pembakaran.Setelah mesin hidup akan menyalurkan tenaga putar crankshaft ke transmisi melalui perantara clutch disc dan clutch cover.

Baca juga 
Perbandingan dan jenis ruang bakar pada kendaraan
Jenis ruang bakar pada kendaraan diesel

Related Post